Resume Cara Membuat Surat
Jenis surat ada 2, yaitu surat resmi dan surat pribadi. Surat artinya segala komunikasi yang tertulis. Perbedaan antara keduanya yaitu surat resmi biasanya dikeluarkan oleh perseorangan, instansi, atau organisasi dan memiliki lebih banyak aturan yang harus digunakan daripada surat pribadi yang digunakan untuk kepentingan pribadi.
Ciri ciri surat resmi yaitu menggunakan bahasa yang formal, memiliki banyak unsur, menggunakan salam yang lazim. Sedangkan, ciri-ciri surat pribadi adalah menggunakan bahasa sehari-hari, tidak memiliki banyak unsur, dan lebih fleksibel dibuatnya seperti salam pembuka dan penutupnya.
Tujuan surat resmi adalah menyampaikan keperluan berupa pemberitahuan, izin, penugasan, ataupun pengumuman kepada seseorang, instansi, ataupun organisasi. Karena surat pribadi berisi hal personal, maka biasanya surat pribadi bertujuan untuk mengungkapkan perasaan, namun bisa juga untuk memberi tahu informasi lain.
Surat resmi biasanya lebih panjang daripada surat pribadi. Hal itu dikarenakan surat resmi memiliki unsur-unsur yang lebih banyak daripada surat pribadi. Unsur-unsur surat resmi yaitu:
2. Salam pembuka dan nama penerima
4. Salam penutup dan nama pengirim
Contoh surat resmi dan pribadi:

Comments
Post a Comment